Minggu, 07 Februari 2016

Dibalik Makna 3 x 3

Dibalik Makna 3 x 3
Oleh : Raden Rangga Jati



Oktober 2013. Sore itu tepat pukul 17.15 wib. Terlihat langit malam mulai menampakkan dirinya saat itu. Seketika hilir mudik kelelawar dan binatang-binatang malam pun beterbangan entah kemana. Cahaya dari sorot lampu neon kampus pun ikut hadir disaa itu. Waktu senja saat itu diatas rerumputan yang tampak hijau, dan tertata rapih disekitaran gedung fakultas ekonomi tepatnya didepan markas Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) fakultas Ekonomi, terlihat beberapa mahasiswa sedang asyik duduk bersila membuat lingkaran berdiskusi dalam sebuah rapat.



“Ya…kenyataannya memanglah benar beberapa mahasiswa fakultas ekonomi Universitas  Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta pada senja saat itu, telah menyempatkan waktu , dan pikirannya untuk berdiskusi dalam sebuah rapat kegiatan . Diskusi rapat sore itu diadakan oleh sebuah Badan Otonom dibawah BEM FE UPNVK, yaitu Badan Penerbitan Pers Mahasiswa (BPPM) KLIRING, yang mana membicarakan mengenai salah satu program kerja dari Kliring yaitu Kegiatan Annivesary ke-10 dengan bertemakan, “ Merentangkan Ruang Kreativitasmu” dengan tiga rangkaian kegiatan, yaitu Lomba pembuatan Pamflet, Seminar Motiva Writer, dan Bakso Pedes ( Bakti Sosial ) Part 2.

Ketika telah disadari diantara mahasiswa lainnya disekitaran tersebut sudah pulang ketempat tinggalnya masing-masing, tetapi lain halnya dengan para pengurus BPPM Kliring yang memegang komitmen,. dengan Semangat Luar Biasanya. pengurus BPPM Kliring pada diskusi rapat masih semangat untuk melanjutkan kegiatannya saat itu.

Keakraban satu sama lainnya pun antara sesama pengurus Kliring jelas terasa. Ketika ada jeda pada waktu diskusi rapat. Disaat itu diskusi rapat menjelang magrib terhenti sejenak . oleh bungkusan plastik putih yang didalamnya ada lembaran-lembaran roti tawar yang menggoda iman. Roti tawar yang meminta untuk segera dimakan bersama si kental manis susu coklat, serta kripik singkong yang ikut hadir dalam diskusi rapat saat itu meminta untuk segera dimakan juga. Benar – benar perpaduan yang LUAR BIASA, antara roti tawar ditambah susu kental manis, serta adanya pelengkap yang hadir dari bunyi- bunyi gemericik lumatan setiap kripik singkong . tapi pada dasarnya beberapa godaan iman dari roti tawar . susu coklat . dan kripik singkong dikala rapat saat itu hadir tidak terlalu mengalihkan konsentrasi dalam rapat kegiatan Kliring Anniversary ke – 10, dengan bertemakan “Merentangkan Ruang Kreativitasmu”.

Sebelum berkumandang adzan magrib, rapat Kliring Anniversary ke – 10 pada saatitu ditutup. Ditutup dengan seperti biasanya satu tumpuan tangan jadi satu dan setiap pengurus meneriakkan kalimat dengan lantang . “KLIRIIIIIIIIING……..LUAR BIASA”.







Setelah beberapa pengurus BPPM KLIRING menyelesaikan sholat magrib. Para Mahasiswa kritis dan kreatif yang selalu belajar untuk lebih memajukan dan mengembangkan sebuah wadah penyaluran minat dan bakat mahasiswa dalam dunia penulisan ilmiah. Serta penyalur informasi untuk mahasiswa UPNVYK, pada umumnya dengan menerbitkan majalah  berjumlah 1000 eksemplar setiap bulannya. Tak seperti  rapat –rapat harian dan sebelum-sebelumnya.   Dikala itu. Teman –teman Kliring masih ada kerjaan yang perlu diselesaikan bersama untuk mensukseskan acara Kliring Anniversary ke-10, dengan bertemakan “Merentangkan Ruang Kreativitasmu”. Yaitu pembuatan penjilidan lembaran-lembaran kertas susunan proposal kegiatan Kliring Anniversary ke-10.

Lagi-lagi keakraban ditengah-tengah kesibukan para pengurus BPPM Kliring pun hadir diruang berukuran 3 x 3. Diruang yang berwarna cat hitam dan putih bertuliskan KLIRING. Ruangan yang dijadikan sebagai ruangan curhat anggota (curahan hati) , bermain UNO bersama (dikala jadwal kuliah kosong) , Ruangan untuk diskusi mengerjakan tugas kuliah. hingga dijadikan seb,agai ruang tidur (istirahat) disela-sela pergantian kegiatan perkuliahan, Akan tetapi spesialnya ruang 3 x 3 itu selalu menghadirkan Sebuah karya sederhana. Jujur. syarat cinta dari kami (pengurus BPPM Kliring) untuk anda”.

Dimana lagi klo bukan di markas BPPM KLIRING. Keakraban ketika satu sama lainnya  sedang sibuk dengan kerjaannya masing-masing dengan lembaran proposal yang siap untuk dijilid, yang nantinya akan diajukan sebagai bentuk pengajuan sponsorship ataupun informasi kegiatan .berkat kerjasama tim dan keakraban pengurus KLIRING yang LUARBIASA akhirnya lembaran proposal pun terselesaikan dengan ditemani para juru Fotocopy / Print, Juru koreksi ( uji kualitas proposal ) , Juru steples (Finishing) , Sampai juru pemberi semangat (motivator). Tawa dan canda selalu hadir ditengah keseriusan para pengurus BPPM KLIRING dalam menyelesaikan tugas-tugas rumahnya. Diruang 3 x 3 yang penuh makna dan menerbitkan karya-karya terbaiknya setiap bulannya.







“Jika hari ini melelahkan, Alangkah indahnya kelelahan diruang 3 x 3 ini dapat disyukuri sebagai pengalaman, dan ilmu yang tidak didapatkan dibangku kuliah atau pun orang lain pada umumnya”.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar